Konawe Selatan

Soal Utang Pemda Konsel, Irham Kalenggo: Peruntukan Pembangunan, Bukan Dikantongi

Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Ketua DPRD Konawe Selatan (Konsel), Irham Kalenggo mengatakan utang Pemerintah Daerah (Pemda) senilai Rp200 miliar pada tahun 2017 lalu, diperuntukan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri kampanye Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Surunuddin Dangga – Rasyid (SUARA) 2020 di lapangan sepak bola Desa Motaha, Kecamatan Angata, Kabupaten Konsel, Senin (28/9/2020).

Menurutnya pembangunan infrastruktur yang dimaksudkan, seperti pembangunan Pusat kesehatan Masyarakat (Puskemas) di enam Kecamatan, diantaranya Kecamatan Angata, Konda, Tinanggea, Ranomeeto, Moramo, dan Laeya.

Selain itu peruntukan lain pinjaman uang tersebut, yaitu pembangunan infrastruktur jalan yang tersebar di sejumlah titik di wilayah Konsel, serta infrastruktur lainnya.

“Pinjaman itu diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur di Konsel, dan saat itu saya sebagai Ketua DPRD menyetujui dan ikut menandatangani usulan pinjam Pemda. Kenapa kami setujui, karena sasarannya jelas,” ujarnya.

Sehingga atas dasar itu, Ketua Tim Pemenangan SUARA 2020 ini dengan tegas membantah isu-isu yang mengatakan utang Pemda Konsel tahun 2017 sasarannya tidak tepat dan bahkan lebih banyak masuk dikantong pribadi.

“Saya ulangi utang Pemda Konsel yang juga disetujui DPRD Konsel, semata-mata diperuntukan untuk pembangunan, bukan masuk di kantong pribadi. Jadi ini saya klarifikasi, karena diluar sana, ketika kampanye menjatuhkan pak Surunuddin,”
jelasnya.

Kembali dijelaskannya, soal utang bukan hanya Pemda Konsel, hampir semua kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengutang untuk kepentingan pembangunan didaerahnya masing-masing.

Sehingga dipastikannya, utang Pemda Konsel empat tahun silam, akan dilunasi tahun 2020 ini.

“Utang kita tahun ini lunas. Sehingga tahun 2021 pak Surunuddin Jadi Bupati tidak ada lagi utang,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button