Metro KendariSosial

Minaula Kendari Pulangkan Lansia Asal Jateng, Setelah 54 Tahun Pisah Dengan Keluarganya

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari, berhasil memulangkan Lansia, bernama Sukardi (71) ke pihak keluarganya di Desa Banaran, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), 17 September 2020 kemarin.

“Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) memprioritaskan penanganan Lansia berbasis keluarga, sehingga kami segera melakukan penelusuran keluarga, dan alhamdulillah kakek Sukardi sudah bertemu dengan keluarganya,” ujar Kepala LRSLU Minaula Kendari, Syamsuddin, Sabtu (19/9/2020).

Syamsuddin menjelaskan, sebelumnya Sukardi ditemukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari, yang tinggal sebatang kara di Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga.

Pihak Dinsos Kota Kendari langsung membawah Sukardi di rumah singgah dan kakek 71 tahun itu ke Residential Care LRSLU Minaula Kendari.

“Kakek Sukardi sendiri mengaku berasal dan masih memiliki keluarga di Kabupaten Wonogiri, tetapi sejak usia 17 tahun pergi ke Kendari dan tidak pernah kembali ke Jawa lagi,” bebernya.

Tak sampai disitu, LRSLU Minaula Kendari dengan sigap menghubungi Dinsos Kabupaten Wonogiri untuk menelusuri keluarga dari Sukardi.

Dinsos Wonogiri, menghubungi salah satu aparatur Desa Banaran, Ikhsase hingga dipertemukanlah keluarga dari Sukardi melalui panggilan video. Proses mediasi dan pendekatan dilaksanakan sehingga keluarga langsung bersedia menerima dan merawat Sukardi.

“Proses mengharukan terjadi saat Tim dari LRSLU Minaula Kendari tiba di Dinsos Kabupaten Wonogiri dan disambut oleh keluarga dari Sukardi. Keluarga masih mengenali Sukardi meskipun sudah puluhan tahun tidak bertemu,” katanya.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Wonogiri mengatakan terima kasih atas atensi yang diberikan LRSLU Minaula Kendari selama proses pemulangan Sukardi kepada pihak keluarganya.

“Saya sampaikan kepada Ketua RW Dusun Dungtemu untuk dapat membantu mendampingi Bapak Sukardi dan keluarganya,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diutarakan Sundiman, yang merupakan salah anggota keluarga Sukardi. Menurut dia, pihak keluarga telah berpasrah diri, bahkan iklas jika Sukardi tidak ditemukan lagi. Pasalnya sudah puluhan tahun merantau.

“Dan saya mengucapkan terima kasih kepada LRSLU Minaula Kendari dan Dinsos Wonogiri yang telah membantu Kakek untuk bertemu dengan keluarganya. Semoga Allah membalas amal dan memudahkan rezeki semuanya,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button