Pemerintahan

Infrastruktur Transportasi Darat Dilaunching Ali Mazi

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM -Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali mazi SH, launching pembangunan infrastruktur transportasi darat, di Terminal A Puuwatu, Kota Kendari, Sabtu (19/9/ 2020).

Ali mazi menjelaskan, infrastruktur transportasi darat tersebut meliputi pembangunan Terminal A Puuwatu, pelabuhan penyeberangan Kaledupa, Tomia, Binongko di Wakatobi dan pelabuhan penyeberangan Siompu-Kadatua di Buton Selatan.

Selain itu, Ali mazi mengatakan, dalam pembangunan terminal Puuwatu dan pelabuhan penyeberangan tersebut sesuai instruksi Presiden, dengan anggaran Rp72 miliar. Hal ini adalah jumlah yang sangat luar biasa, dan terminal Puuwatu salah satu kebanggaan Indonesia nantinya, khususnya di bagian timur.

“Luar biasa perhatian pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan RI. Tentu hal ini juga tak terlepas dari perhatian saudaraku, Pak Ridwan Bae yang telah memperjuangkan aspirasi masyarakat Sultra ini,” ujarnya.

Ali mazi juga menjelaskan, semua terjadi karena adanya kerjasama antara DPR Provinsi dan pemerintah, kemudian memberikan hiba ini kepada Kementrian untuk dibangun, sebab jika mengharapkan Angaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) tentu tidak akan cukup untuk membangun infrastruktur yang kita saksikan saat ini.

“Banyak lagi proyek yang akan dibangun oleh Kementerian Perhubungan dan Kementrian PUPR,” ucapnya.

Ali mazi menambahkan, pada 2021 mendatang, jembatan penghubung Buton-Muna akan dilelang dan dikerjakan oleh pemerintah pusat. Infrastruktur ini merupakan perjuangan selama 15 tahun.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae mengatakan, Buton-Muna akan dilelangkan dengan investor angaran Rp2,8 Triliun, tetapi membangun Buton-Muna efek ekonominya sangat kecil karena hanya dua kabupaten yang dihubungkan.

Menurutnya, jika disambung di seluruh wilayah seperti ke Manado, Palu, Gorontalo dan di Makassar, maka efek ekonominya akan terangkat luar biasa.

“Disana kan ada kawasan ekonomi khusus seperti di Buton ada aspal, kemudian di Kendari ini ada nikel dan berbagai aspek sangat menguntungkan dan ekonominya akan luar biasa,” pungkasnya.

Reporter: Erik
Editor: Yahya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button