Konawe Selatan

Maju Pilkada Konsel, Sekwan: Endang Belum Ajukan Surat Undur Diri

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dua Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendaftarkan diri ke KPU Konawe Selatan (Konsel), untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang.

Mereka yang maju di Pilkada Konsel 2020, yakni Wakil Ketua DPRD Sultra, Muhamad Endang SA, dari Fraksi Partai Demokrat, dan Anggota DPRD Sultra asal Komisi IV Fraksi PKS, Rasyid.

Muhamad Endang SA maju sebagai bakal Calon Bupati Konsel berpasangan dengan Wahyu Ade Pratama Imran. Sementara Rasyid maju sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Konsel berpasangan dengan Surunuddin Dangga.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2020, dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, keduanya harus mengundurkan diri sebagai Anggota DPRD Sultra, paling lambat lima hari setelah penetapan sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Saat dikonfirmasi, Plt. Sekretaris DPRD Sultra, Trio Prasetyo Prahasto mengatakan hingga saat ini, dari dua anggota DPRD yang maju di Pilkada 2020, baru satu legislator yang mengajukan surat pengunduruan diri di sekretariat.

“Yang maju dua anggota DPRD, yakni pak Endang sama pak Rasyid. Tapi yang sudah mengajukan surat pengunduran diri baru pak Rasyid,” kata dia, Jumat (11/9/2020).

Selanjutnya, kata Trio Prasetyo Prahasto, setelah ada pengajuan pengunduran diri dari anggota DPRD yang maju Pilkada, langkah berikutnya yaitu menyampaikan ke partai masing-masing untuk di proses Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Kalau sudah ada surat pengunduran diri, maka kami akan teruskan ke partainya, untuk proses PAW,” jelasnya.

Ditambahkannya, bila anggota DPRD yang maju di Pilkada tahun 2020 ini, kemudian telah ditetapkan oleh KPU sebagai calon bupati maupun wakil bupati.

“Ketika sudah ditetapkan pada tanggal 23 September 2020 mendatang, maka hak administrasi dan keuangan kedua anggota DPRD Sultra ini berakhir,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button