Kesehatan

Program Tiga Dokter Ahli Tiap Kecamatan Batal Direalisasikan

Dengarkan

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Salah satu Program Wakatobi Bersinar yang digadang-gadang sebagai salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, batal direalisasikan. Program yang akan menyediakan tiga dokter spesialis di setiap kecamatan ini, terkendala aturan.
Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Wakatobi, Muh Ilyas Abibu, penempatan dokter ahli secara permanen sesuai Standar Operasional Prosedural (SOP), hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Sementara untuk pelayanan kesehatan di Puskemas cukup dilakukan oleh dokter umum dan dokter gigi.
“SOP di Puskesmas itu tidak ada dokter ahli cukup dokter umum dan dokter gigi,” kata Muh Ilyas Abibu saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.
Lanjutnya, keterbatasan fasilitas yang dimiliki Puskesmas juga merukapan salah satu kendala dalam merealisasikan program ini. Pasalnya, tanpa didukung fasilitas memadai seperti USG, peralatan pemeriksaan lab lengkap, dokter ahli tidak bisa berfungsi dengan optimal.
“Apabila tidak didukung dengan itu, biar dia ahli seperti apa dia tidak akan bisa berbuat apa-apa,” jelas Muh Ilyas Abibu.
Dikatakan, meski Pemda Wakatobi belum bisa menempatkan dokter ahli di tiap kecamatan, tetapi dokter ahli akan melakukan kunjungan setiap bulan di Puskesmas.
Di samping itu, untuk tetap memberikan pelayanan dokter ahli kepada masyarakat khususnya di Tomia dan Binongko, pihak Pemda berencana akan membangun Rumah Sakit di Pulau Tomia.
“Minimal rumah sakit tipe D. Tahun 2019 kita akan dapat alokasi untuk pembangunan rumah sakit di Pulau Tomia paling tidak akan melayani Binongko dan Tomia. Kaledupa akan dilayani disini,” tambahnya.
Di tempat terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Muliadin, dikonfirmasi Rabu (25/7/ 2018) menyebutkan, layanan dokter keliling sebagaimana dimaksud, dilakukan delapan kali setiap tahun (dua kali setiap pulau). Sedangkan untuk penempatan dokter spesialis hanya bisa dilakukan di tingkatan rujukan dalam hal ini RSUD Wakatobi.
“Puskemas itu pelayanan dasar. Dokter spesialis itu pelayanan rujukan, penempatannya di rumah sakit,” tutup Muliadin
Program pengadaan tiga dokter spesialis ini merupakan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi pada saat Pilbub Wakatobi 2015 lalu. Program ini disebut Program Kesehatan Bersinar, yang akan menyiapkan tiga dokter spesialis (spesialis penyakit dalam, spesialis tekanan darah tinggi dan spesialis kandungan) di setiap kecamatan.
Reporter: Ema
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button