Konawe Selatan

Digelar Sederhana, Pemkab Konsel Sukses Gelar Upacara HUT RI ke-75

Dengarkan

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Meski digelar secara sederhana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), sukses menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 tahun.

Upacara yang digelar di halaman kantor Bupati Konsel, hanya dihadiri oleh 100 peserta, berbeda dengan tahun sebelum-sebulmnya, dimana biasanya digelar secara dengan ratusan peserta dan tamu undangan.

Pembatasan tamu undangan ini, berdasarkan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga bertindak sebagai Inspektur upacara, Perwira Upacara Danramil 05/Tinanggea, Kapt Inf Arifudin, serta yang bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Danramil 15/Landono, Lettu Inf Alexander.

Sementara teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, dan pembaca do’a Kepala Kemenag Konsel, Adnan Saufi.

Usai pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun, Surunuddin Dangga menyerahkan piagam tanda kehormatan Presiden RI Satya Lencana Karya Satya (SLKS) yang di anugerahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Sjarif Sajang.

Kemudian SLKS ini juga diberikan kepada
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Konsel, Hj. Sitti Chadijjah, serta Camat Laeya, Hadismar.

Selain itu Surunuddin menyerahkan SK pensiun dan cinderamata kepada mantan Kadis Lingkungan Hidup, Burhanuddin, Asisten II Bidang H. Saala, Kadis Sosial, Edwin Koodoh, dan pensiunan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diantaranya Ni Nyoman Suastini, Sanusi, S.Pd dan Lamba.

Kepada media, Surunuddin Dangga turut mengaparesi semua pihak yang ikut serta menyukseskan upacara yang digelar secara sederhana ini.

“Semangat kemerdekaan harus tetap membara kepada setiap warga negara. Walaupun saat ini kondisi daerah kita sedang dilanda wabah Covid-19,” katanya.

Olehnya itu, dia berharap wabah yang hampir melumpuhkan semua sektor ini, agar segera berakhir, sehingga perekonomian dapat kembali normal.

“Kita berharap ini cepat berlalu. Tapi saya ingatkan warga Konsel supaya tetap patuh untuk menjalankan Prokes Covid-19. Hal ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan kita semua,” tukasnya.

Untuk diketahui, dalam upacara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Arsalim Arifin, Dandim 141/Kendari, Letkol Kav Agus Waluyo, Kapolres Konsel, AKBP Erwin Pratomo, SIK, Kepala BPS Konsel, Muh Amin, Ketua Pengadilan Negeri Konsel, Endra Hermawan, Kajari Konsel, Apriliana Purba, beserta para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Sebagai informasi tambahan setelah melalukan upacara fisik, Bupati, Wabup, Sekda dan unsur Forkopimda melanjutkan kegiatan dengan mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara, secara virtual.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button