Metro Kendari

Tiga Proyek Strategis Pemprov Sultra Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Tiga mega proyek strategis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo, Jalan Kendari-Toronipa, dan Perpustakaan Modern rencananya akan diresmikan pada 1 April 2023 oleh Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio mengatakan, ketiga mega proyek tersebut akan diresmikan langsung oleh Jokowi sekaligus dalam kunjungannya dalam event Pekan Tilawatil Quran Nasional (PTQN) 2023 yang diselenggarakan di Sultra.

“Harapannya dari semua proyek tersebut agar segera rampung, dan InsyaAllah akan diresmikan oleh Presiden dalam kunjungannya,” ungkap Sekda Sultra di Kendari, Selasa (7/3/2023).

Lebih lanjut, ketiga proyek tersebut masih dalam tahapan finalisasi untuk merampungkan semua pekerjaan. Gedung Perpustakaan Modern misalnya saat ini sudah difungsikan tersisa penambahan interior.

Kemudian, Jalan Kendari-Toronipa juga telah selesai pengerjaannya secara fisik, namun dari segi penataan tambahan seperti gerbang dan juga bundaran Toronipa perlu segera dirampungkan.

“Sedangkan untuk Rumah Sakit Jantung, sementara pemasangan instalasi beberapa alat-alat kesehatan karena baru tiba. Untuk itu semua segera akan diselesaikan sebelum peresmiannya,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Nur Saleh mengatakan Perpustakaan Modern dari segi bangunan sudah siap untuk diresmikan, walaupun masih ada beberapa interior yang perlu dibenahi.

“Jadi ada beberapa interior yang mesti dibenahi lagi, selain itu dari segi koleksi buku perlu adanya penambahan. Agar pengunjung bisa menambah referensinya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pembangunan jalan Kendari-Toronipa menelan anggaran sekitar Rp1 triliun dengan panjang 14 kilometer, sedangkan Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo dengan anggaran Rp458 miliar dan Perpustakaan Modern sebesar Rp100 miliar. (bds)

Reporter : Muh Ridwan Kadir
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button