Metro Kendari

Lion Air Kembali Buka Jadwal Penerbangan Khusus Bisnis

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Maskapai penerbangan Lion Air Group resmi membuka kembali jadwal penerbangan domestik mulai 3 Mei 2020, pasca pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI), menghentikan sementara aktivitas seluruh maskapai penerbangan komersil terhitung 24 April hingga 1 Juni 2020 mendatang.

Kembalinya beroperasi maskapai Lion Air Group tidak lain, setelah mendapat izin pembebasan penerbangan (Exempetion Flight) dari Kemenhub RI, berdasarkan rilis resmi Lion Air Group Jakarta, yang diterima oleh Detiksultra.com, Rabu (29/4/2020).

Menurut Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, pelayanan penerbangan domestik ini, khusus untuk melayani pebisnis bukan dalam rangka mudik, serta tujuan operasional angkutan kargo, melakukan perjalanan bagi pimpinan lembaga tinggi negara atau tamu kenegaraan, operasional kedutaan besar, konsulat jenderal, dan konsulat asing.

Ini juga berlaku untuk perwakilan organisasi internasional yang memiliki kedudukan di Indonesia, operasional penegakan hukum, ketertiban dan pelayanan darurat, layanan penerbangan khusus (Repatriasi) untuk pemulangan warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) dan lainnya atas seizin Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara.

Layanan penerbangan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) RI Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama masa angkutan udara Idul Fitri periode 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Rencana operasional Lion Air Group akan melayani rute-rute penerbangan dalam negeri termasuk kota atau destinasi yang berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan wilayah dengan transmisi lokal atau daerah terjangkit (Zona Merah).

“Maka bagi pebisnis dan calon tamu atau penumpang dengan tujuan pengecualian, wajib memenuhi protokol penanganan Covid-19, melalui pengisian kelengkapan dokumen dan melampirkan sebelum keberangkatan berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan,” sebut dia.

Semantara itu, Airport Manager Lion Air Group Kendari, Dedy juga membenarkan jadwal penerbangan domestik yang dibuka kembali oleh maskapai Lion Air Group.

Menurut dia, pihaknya telah membuka pelayanan penjualan tiket online maupun offline, setelah mendapat izin dari Kemenhub.

“Iya mulai hari ini (28 April 2020) kemarin tiket telah tersedia,” ungkapnya.

Untuk diketahui rute penerbangan Lion Air Group Kendari yakni, Kendari- Makassar, Kendari-Jakarta, Kendari-Surabaya, Kendari- Baubau dan Kendari- Wakatobi.

Sementara maskapai penerbangan yang tergabung dalam Lion Air Group, yaitu Lion Air dengan kode penerbangan JT, Wings Air dengan kode penerbangan IW serta Batik Air dengan kode penerbangan ID. Ketiga pesawat ini yang akan melayani penerbangan domestik.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button