Ekobis

BI Sultra Sebut Penukaran Uang Kartal di Kota Kendari Capai Rp970 Miliar

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COMKantor Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatatkan penukaran uang kartal di sejumlah titik di Kota Kendari, Sultra, sebesar Rp970 miliar.

Seksi Hubungan Masyarakat (Humas) BI Sultra, Muhammad Taufik, mengatakan, jumlah yang telah ditukarkan merupakan total uang yang disediakan untuk ramadan dan lebaran 2023 sebanyak Rp1,9 triliun.

“Jelang lebaran pasti banyak masyarakat yang membutuhkan uang tunai, untuk itu kami sediakan uang baru. Saat ini sudah Rp970 miliar dari target yang kami sediakan Rp1,9 triliun di ramadan tahun ini,” katanya di Kendari, Jumat (14/3/2023).

Lebih lanjut, dalam layanan penukaran uang kartal tersebut, BI Sultra melayani dengan nominal kecil dari angka seribu rupiah, Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu, dan Rp20 ribu.

Katanya, penukaran uang yang dimaksud
merupakan uang lusuh dan tidak layak edar dengan ketentuan tertentu, termasuk penukaran uang pecahan kecil untuk kebutuhan masyarakat selama ramadan dan Idulfitri 2023.

“Tahun ini total layanan penukaran uang ada di 99 titik yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sultra,” ujarnya.

Taufik menambahkan, dari total titik lokasi penukaran uang itu ada sebanyak 46 titik di Kendari, 15 titik di Baubau, dan beberapa titik yang tersebar di daerah lainnya.

Titik lokasi yang tersebar di daerah lain utamanya pada daerah yang memiliki cabang bank termasuk layanan pada mobil kas keliling.

“Khusus Kota Kendari, BI telah meluncurkan sebanyak 15 mobil kas keliling yang disebar ke beberapa titik keramaian kota, dan masing-masing kantor bank yang ada dan beberapa tempat pergelaran pasar murah,” terangnya.

Sebagai informasi, dari total Rp1,9 triliun yang disiapkan, 96 persen tersebut diproyeksikan untuk kebutuhan uang pecahan besar yang terdiri dari demonisasi Rp20 ribu hingga Rp100 ribu.

Sedangkan 4 persen sisanya dari total yang disediakan atau Rp80,57 miliar disiapkan untuk uang pecahan kecil. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button