Politik

Pengamat: Prof Masihu Kamaluddin Tepat Pimpin DPD Gerindra Sultra

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pengamat Sosial dan Politik (Sospol) Sulawesi Tenggara (Sultra), Azhar Aljurida, menilai Prof. Masihu Kamaluddin merupakan sosok figur yang tepat menggantikan almarhum Imran sebagai Ketua DPD Gerindra Sultra.

Menurutnya, Masihu Kamaluddin memiliki segudang telenta, mulai dari pengalaman dibidang politik, pendidikan, pertanian dan sektor lainnya.

Bahkan jika berbicara pengalaman politik, lanjut Azhar, Masihu Kamaluddin pernah menjadi anggota DPR – RI. Bukan hanya itu dia juga pernah menjabat sebagai staf wakil presiden (Wapres), dan saat ini dia menjabat tenaga ahli di Kementerian Kelautan.

“Terkait leadership (Kepimpinan) beliau pernah menjabat ketua forum rektor dan beberapa organisasi lainnya, artinya beliau teruji sebagai pemimpin, sangat disayangkan ketika potensi beliau tidak dimanfaatkan oleh partai untuk membesarkan Gerindra di Sultra,” ujar dia kepada Detiksultra.com, Kamis (9/4/2020).

BACA JUGA :

Lebih lanjut azhar mengatakan bahwa seorang Masihu Kamaluddin bukan hanya memilik segudang telenta, tetapi dia juga memiliki kerelasian tingkat pusat, sehingga hal ini dapat dimanfaatkan oleh partai untuk menjembatani kebutuhan kader partai di daerah.

“Saya kira penting untuk dicatat oleh teman-teman Gerindra Sultra bahwa beberapa kabupaten akan menggelar Pilkada, dukungan elit partai ditingkat pusat sangat menentukan nasib Gerindra di daerah jangan sampai hanya menjadi pengikut semata, atau hanya di manfaatkan oleh sekelompok elit Gerindra di tingkat daerah,” katanya.

“Beliau punya relasi dan kolega yang cukup untuk memperkuat teman-teman Gerindra yang punya potensi untuk kerkompetisi di pilkada sultra. Saya pikir ini kesempatan emas jangan disia-siakan. Kader Gerindra di Sultra, harus proaktif meyakinkan beliau agar bersedia dan juga diberi dukungan penuh,” sambungnya.

Selain itu, Ketua Lembaga Penelitian Fort Rhoterdam Institute Indonesia (FRI) Kendari ini menambahkan bahwa akan ada efek domino jika Masihu Kamaluddin didapuk menjadi Ketua DPD Gerindra Sultra.

“Efeknya akan lebih berpengaruh terhadap pembangunan di Sultra, para kader Gerinda terutama yang menjabat sebagai Anggota DPRD dapat menjadikan beliau sebagai sentrum untuk melahirkan gagasan dan program yang bervisi pembangun. Sehingga akan sangat nampak perbedaan antara anggota DPRD Gerindra dibandingkan partai lain,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button