Politik

Golkar Konsel Pecah, 15 PK Siap Menangkan Surunuddin Dangga

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Suhu politik di internal Partai Golongan Karya (Golkar) Konawe Selatan (Konsel) jelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 kian memanas.

Pasalnya, sejumlah Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar se-Konsel menolak surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terhadap Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, untuk maju sebagai Calon Bupati (Cabup) periode 2020-2025.

Bahkan, PK terang-terangan membuat surat pernyataan menolak dan tidak mendukung Surunuddin Dangga maju di Pilkada Konsel. Sebaliknya mereka mendukung Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo untuk maju Cabup.

Surat pernyataan itupun rencananya bakal diteruskan melalui DPD II, lalu ke DPD I dan diteruskan ke DPP sebagai bentuk protes mereka terhadap pemberian surat tugas kepada orang nomor satu di Konsel itu.

Namun belakangan, keputusan sejumlah PK yang tolak surunudin terbantahkan melalui pernyataan Wakil Ketua DPD II Golkar Konsel, Haeruddin.

Haeruddin dengan tegas menyatakan bahwa adanya penolakan sejumlah kader Golkar kepada Surunuddin Dangga itu terlalu subjektif.

Harusnya lanjut Haeruddin, jika kader ingin menilai lebih jauh seorang pimpinan daerah itu harus penilaian secara objektif, disertai dengan indikatornya, karena ternyata ada 15 PK di Konsel justru dukung penuh Surunuddin.

“Itu subjektif, sementara 15 PK Golkar di Konsel tegas siap mendukung dan memenangkan Surunuddin Dangga di Pilkada 2020 menuju ke dua periodenya,” ujar dia kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Dikatakannya, penolakan itu tidak memiliki dasar yang kuat apalagi mengatasnamakan PK Golkar se-Konsel. Dia juga menilai bahwa jika pernyataan tersebut merupakan keputusan sepihak, tidak dilakukan secara menyeluruh kepada 25 PK di Konsel.

“Jadi saya tidak mau terlalu jauh menilai, salah satu indikator pengelolaan organisasi itu harus sesuai AD/ART partai. Coba di rapatkan dulu, kita undang secara resmi. Tidak lantas kita buat konsep, lalu membawa ke DPP,” urainya.

“Jadi saya tegaskan itu tidak benar, ini bisa ditanya kepada unsur PK yang hadir disini,” tegasnya.

Selain itu, dukungan 15 PK Golkar terhadap Surunuddin Dangga, bukan tanpa alasan. Menurut Haeruddin, Surunuddin Dangga merupakan salah satu kader senior partai Golkar di Sultra.

Tak hanya berstatus senior di partai berlambangkan pohon beringin itu, namun Surunuddin Dangga juga memiliki kontribusi besar terhadap partai tersebut.

BACA JUGA :

Disebutkannya, Surunuddin yang sejak tahun 2004 berpartai di Golkar, telah mempersembahkan untuk pertama kalinya unsur pimpinan DPRD di Konsel, yang saat itu masih dihuni 12 orang anggota DPRD. Dan sampai hari ini, Golkar masih tetap konsisten dengan unsur pimpinannya di dewan Konsel.

“Beliau sudah membangun partai ini sejak tahun 2004, buktinya unsur pimpinan DPRD pertama di Konsel, sampai hari ini Golkar masih tetap unsur pimpinan,” cetus Haeruddin.

Alasan lainnya yang dibeberkan oleh Haeruddin, yakni elektabilitas dan tingkat kepuasan masyarakat Surunuddin masih yang tertinggi dari sejumlah bakal Cabup.

Kemudian, selama memimpin Konsel di periode pertamanya, Surunuddin telah berhasil mengentaskan kemiskinan di Konsel. Indikatornya hampir semua rumah kumuh di Konsel sudah hampir rampung direhabnya.

“Intinya pak Surunuddin selama menjabat misinya adalah untuk kepentingan daerah yang diutamakan, bukan kepentingan partai. Sehingga hal itulah yang paling mendasari kami mendukung beliau,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button