Headline

Prajurit TNI Asal Sultra Tewas Tertembak di Papua

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Anggota TNI Angkatan Darat, Sertu La Ongge harus gugur ditanah papua akibat menerima serangan peluru dari kelompok yang diduga separatis bersenjata Tentara Pembebasan Nasional Separatis Organisasi Papua Merdeka(TPN OPM), Senin(9/3/2020).

Sertu La Ongge yang merupakan putra asli Sultra yang telah 22 tahun bertugas di tanah Papua sebagai Babinsa Koramil 1710-05 Jila, Kodim 1710/Mimika.

Diketahui berdasarkan siaran pers Pendam XVII/Cendrawasih bahwa sekitar pukul 05.00 Wita, Sertu La Ongge terkena serempetan peluru di bagian pelipis kiri dan telinga saat hendak menunaikan ibadah sholat subuh.

Pasalnya saat itu pos koramil mendapat serangan dari ketinggian arah bagian depan maupun samping kanan pos.

Sehingga atas kejadian tersebut Sertu La Ongge sempat mendapat perawatan serius dari petugas medis 754/ENK yang kemudian dievakuasi menggunakan helikopter menuju Timika sekitar pukul 09.30 Wita, namun tak bisa terselamatkan akibat kekurangan banyak darah.

Adapun Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Pio. L Nainggolan mengungkapkan jenazah Sertu La Ongge akan dikirim ke kampung halamannya di Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

“Keluarga yang berada di Baubau telah dihubungi, termasuk Dandim Baubau telah dihubungi untuk persiapan upacara pemakaman disana,” terangnya.

Jelasnya bahwa Sertu La Ongge gugur sebagai pahlawan dan meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Adapun berdasarkan gugurnya sebagai seorang pahlawan, Sertu La Ongge mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat menjadi Serka Anumerta La Ongge.

Reporter : Gery
Editor : Qs

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button