Metro Kendari

Ketua Dekranasda Provinsi Sultra, Resmikan IKM Tenun Wabula Di Kecamatan Wabula Buton

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM– Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Agista Ariany Ali Mazi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Buton. Kedatangan Ketua Dekranasda Sultra itu, meresmikan bangunan Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Tenun Wabula, di Desa Wabula, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Kamis, 5 Maret 2020.

Peresmian bangunan tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Buton, La Bakry, Sekretaris Daerah (Sekda) Buton LM Zilfar Djafar, Ketua Dekranasda Kabupaten Buton Delia Montolalu La Bakry, Pengurus Dekranasda Provinsi Sultra, serta Forkopimda, Anggota DPRD Buton, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat Wabula.

Dalam sambutannya Agista memaparkan Dekeranasda merupakan wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan dan pencinta seni kerajinan yang memiliki tujuan menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan pembinaan dan kemitraan baik dari pemerintah daerah maupun pihak lain yang konsen dengan seni kerajinan.

“Dekranasda Prov. Sultra periode tahun 2018-2023 telah menetapkan 3 program unggulan yakni Pengembangan Jerajinan Berbasis Budaya Lokal, Peningkatan Jualitas Produk, SDM Perajin dan Pemasaran serta Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kerajinan,” urai Ketua KONI Sultra ini.

Lebih lanjut Ketua Dekranasda Provinsi Sultra ini menguraikan ketiga program tersebut merupakan wujud partisipasi Dekranasda dalam mendukung terwujudnya lima pilar utama Program Pemerintah Provinsi menuju Sultra Emas.

Agista juga memuji potensi Kabupaten Buton yang memiliki potensi kerajinan baik itu SDM perajin maupun SDA sebagai sumber ketersediaan bahan baku kerajinan kerajinan yang melimpah.

“Beberapa jenis kerajinan masyarakat kita yang sudah memiliki pasar tersendiri seperti tenunan desa Wabula dan dibeberapa desa lainnya, serta anyaman tikar dan nentu yang membutuhkan pembinaan dan pengembangan baik desain, kualitas produksi serta pewarnaan,” katanya.

BACA JUGA :

Menurut Agista program pembinaan perajin akan berhasil apabila mendapat dukungan dari instansi terkait disetiap tingkatan, para pemangku kepentingan serta masyarakat.

“Pembangunan gedung sentra IKM Tenun, Desa Wabula, Sentra IKM Pengolahan Hasil Laut Desa koholimombono serta Sentra Kerajinan Anyaman Desa Tumada yang akan kita resmikan secara simbolis sesaat nanti, merupakan wujud perhatian pemerintah daerah terhadap pengembangan industri kerajinan di Kabupaten Buton,” katanya.

Menurutnya kemegahan gedung sentra kerajinan ini tidak akan berarti, apabila para perajin tidak dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

“Jadikanlah gedung sentra pengembangan IKM ini sebagai pusat Informasi pasar kerajinan, laboratorium pengembangan pewarna alam serta pengembangan teknologi kerajinan lainnya,” papar Agysta.

Dia juga berharap agar para perajin untuk aktif mencari peluang pasar, dengan memanfaatkan teknologi informasi, memperhatikan perkembangan produk-produk yang sedang trend dengan tidak meninggalkan kearifan lokal daerah masing-masing.

Berbagai tantangan yang perlu diantisipasi dalam kerajinan kedepan yakni, kualitas SDM perajin, akses permodalan, teknologi dan regenerasi perajin.

“Semoga dengan adanya sentra pengembagan IKM yang berada di tiga desa di Kecamatan Wabula, maka ke empat tantangan pengembangan industry kerajinan diatas dapat diatasi secara bertahap serta dapat meningkatan kualitas serta produktivitas para perajin,” urainya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Buton, Drs. La Bakri menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya atas kunjungan Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara di Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton.

“Industri tenun yang ada di kecamatan Wabula bukan saja sebagai kebanggaan sebagai warisan leluhur, juga merupakan kebanggaan masyarakat Buton yang memiliki ciri khas dan corak tenun tersendiri,” kata Politisi Golkar ini.

Reporter Lia
Editor Qs

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button