Metro Kendari

Amankan Kongres PAN, Kapolda Sultra Perintahkan Tak Gunakan Senpi

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dalam rangka pengamanan Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan digelar di Kendari pada tanggal 10 -12 Februari mendatang, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk tidak menggunakan senjata api (senpi) saat melakukan pengamanan, sesuai mandat yang diberikan Kapolri.

Hal ini terkait antisipasi potensi konflik yang mungkin terjadi dalam pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020.

“Terkait potensi gesekan antar pendukung masing-masing calon, adanya ketidakpuasan dalam mekanisme pemilihan, ketidakpuasan terkait pelayanan sarana dan prasarana dari tuan rumah, tindakan sabotase, kemacetan dan aksi unjuk rasa masyarakat yang tidak bisa dikendalikan,” papar Kapolda, saat memimpin gelar pasukan, Jumat (7/2/2020).

BACA JUGA :

Dalam pengamanan Kongres tersebut Polri juga turut dibantu oleh TNI untuk saling berkoordinasi, dengan melibatkan sekitar 1.200 personil.

“Perlu digaris-bawahi bahwa kami selaku pengamanan kegiatan tersebut tidak terlibat dalam rana politik, hanya sekedar mengamankan kegiatan selama berlangsung,” tambahnya.

Jelasnya lagi bahwa dalam pengamanan hampir seluruh Satker Polda Sultra maupun jajaran Polres dan Polsek ikut dilibatkan. Diantaranya Binmas, Intel, Brimob, Polantas, sabhara dan satuan kerja lainnya sesuai tupoksi masing-masing.

“Tentunya jika terjadi eskalasi tindakan yang mengarah ke anarkis ada protap yang sudah ditentukan, akan tetapi dalam pengamanan ini kita lakukan secara humanis dan persuasif,” ungkapnya

Reporter: Gery

Editor: Qs

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button