Metro Kendari

Ali Mazi Minta Adat Picundupia Terus Dilestarikan

Dengarkan

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, SH menghadiri penyelenggaraan proses adat Picundupia yang dilaksanakan di Pantai Wajo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, (1/12/2019).

Ali Mazi mengatakan Pantai Wajo harus ditata dan dibenahi dengan baik, sebab proses ritual Picundupia oleh masyarakat Pasarwajo akan tetap dilestarikan di pantai tersebut.

“Kegiatan ritual ini hanya ada di Pasarwajo, tidak ada di tempat lain,” kata politisi Partai NasDem ini.

Selanjutnya, Ali Mazi meminta agar kedepannya prosesi ritual adat Pacundupia Pasarwajo, bisa benar-benar terlihat sakral, dan kedepan kegiatan seperti ini sangat perlu ditingkatkan agar budayanya terpelihara.

“Kita perlu membuat sesuatu agar betul-betul ini bisa menjadi warisan budaya untuk para generasi-generasi muda kita kedepan,” pintahnya.

BACA JUGA :

Diapun berharap, kegiatan ritual ini dapat dikembangkan menjadi sebuah potensi wisata, sebab ini merupakan salah satu ikon yang ditinggalkan oleh leluhur, yang benar-benar harus dijaga.

“Kegiatan ini harus kita kembangkan terus agar bisa mejadi potensi yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan kedepan nanti ini sudah menjadi kegiatan ikon dari pada pemerintah kabupaten Buton,” tutupnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button