Muna Barat

Pilkades Serentak di Mubar Berlangsung Desember

Dengarkan

MUNA BARAT,DETIK SULTRA. COM – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Muna Barat (Mubar) resmih dibentuk. Pemilihan Kepala Desa secara serentak itu akan berlangsung pada bulan Desember 2019 ini.

 “Setelah dilaksanakan kegiatan pelatihan terhadap Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kemudian BPD langsung melakukan pembentukan terhadap Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades),” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan Desa, SDA, Kawasan dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mubar, Agus Salam Rua, kepada Detik Sultra, Senin (7/10/2019), di ruang kerjanya.

[artikel number=3 tag=”pilkades,muna barat”]

Lanjut Ia mengatakan, dari sebanyak 81 desa yang ada di Mubar minus satu desa yang belum melakukan pemilihan, yakni Desa Tiga, Kecamatan Tiworo Utara, karena masa jabatannya akan berakhir pada bulan April tahun 2020 mendatang.

“Untuk mematangkan persiapan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa. Kita juga sudah lakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat di tiga wilayah besar, yakni Kusambi raya, Lawa raya dan Tiworo raya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk ongkos atau biaya pelaksanaan Pilkades saat ini telah menjadi beban Pemerintah Daerah (Pemda), yang sebelumnya dibebankan kepada calon kepala desa.

 “Ini merupakan kebijakan Pak Bupati, agar biaya pelaksanaan pemilihan Kepala Desa tidak menjadi beban calon kepala desa. Beliau juga berharap agar dalam proses pelaksanaan Pilkades dapat berlangsung secara damai dan aman,” pungkasnya.    

 Reporter : M5
 Editor: Sumarlin

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button