Ekobis

Pengusaha Muda di Kendari Pekerjakan Puluhan Mahasiswa

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Meski terbilang muda, pemilik usaha Prisya Banana, Rahmat Janissary melalui usaha pisang nuggetnya mampu mempekerjakan puluhan mahasiswa yang ada berbagai universitas di Kendari.

Owner Prisya Banana Kendari, Rahmad Janissary (27) mengatakan, sejak dibuka pada bulan Januari 2019 lalu sampai saat ini pihaknya telah mempekerjaan sebanyak 29 mahasiswa, baik mahasiswa yang masih duduk di semester awal maupun semester akhir perkuliahan.

Dimana, kata dia, mahasiswa yang dipekerjakan tersebut berasal dari berbagai kampus, di antaranya adalah tiga orang dari IAIN Kendari, dua orang dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), satu orang dari Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dan selebihnya dari Universitas Halu Oleo (UHO).

[artikel number=3 tag=”pengusaha,mahasiswa”]

Selain itu, lulusan IAIN Kendari tahun 2014 ini melanjutkan, ke-29 mahasiswa tersebut dibagi dua bidang, empat orang di bagian dapur atau memasak, dan 25 mahasiswa lainnya sebagai kurir freelance untuk mengantar pesanan para konsumen dan pelanggannya.

“Alhamdulillah, melalui usaha pisang ini kami bisa memberikan manfaat. Karena bagi saya, dalam bisnis itu kita mencoba membangun mindset bagaimana kita bisa bermanfaat bagi banyak orang melalui usaha yang kita bangun, salah satunya itu mempekerjakan mahasiswa,” katanya kepada detiksultra.com, Rabu (4/9/2019).

Sementara itu, salah satu kurir freelance Prisya Banana Kendari, Rahmat Mualin mengaku, penghasilan yang ia dapatkan dari pekerjaan tersebut bisa memenuhi kebutuhannya termasuk membayar keperluan kuliah, seperti Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan keperluan kampus lainnya.

“Kurang dari dua bulan, penghasilan jadi kurir di Prisya Banana saya sudah bisa membayar UKT sebanyak Rp 1,350 juta, itu pun sudah saya pakai juga untuk keperluan makan dan lainnya,” ungkapnya.

Bagaimana tidak, tambah dia, kalau saja setiap kurir mampu mengantar sekitar 10 box pisang nugget perhari, maka sedikitnya ia bisa mendapatkan Rp 100 ribu perharinya dan dikalikan berapa hari masuk kerja selama sebulan, maka penghasilan yang didapatkan menjadi kurir freelance Prisya Banana sudah bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Untuk diketahui, usaha yang berlokasi di Jalan HAE Makadompit, depan gerbang utama kampus UHO ini telah menyediakan nugget pisang berbagai varian rasa, di antaranya adalah orange sunkist, oreo, cappucino, strawbery, vanilla, tiramisu, keju, milo dan coklat.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button