Hukum

INI Sultra Akan Sosialisasikan Fungsi Kenotariatan

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pasca dilantik sebagai Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sultra pada konferensi wilayah tanggal 23 sampai 24 Agustus 2019, dimana Rayan Riadi, SH. M.Kn terpilih menjadi ketua periode 2019-2022, Rayan Riadi berencana akan kembali melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat umum terkait fungsi notaris khususnya di bidang hukum perdata.

“Terkait pemahaman masyarakat akan fungsi notaris sebagai perpanjangan tangan pemerintah yaitu pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta autentik, akan kita sosialisasikan kembali,” jelasnya, Sabtu (31/8/2019).

Menurutnya fakta umum yang ada ialah masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan perihal hukum sangat rendah. Hal inilah membuat mereka tidak bisa menyelesaikan urusan hukumnya sendiri.

Jelasnya, yang menjadi gambaran masyarakat awam saat ini bahwa profesi notaris itu sama dengan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), terkadang juga peran Badan Pertanahan disamakan dengan fungsi notaris. Hal inilah yang membuat masyarakat terkadang masih awam dengan peran, tugas dan fungsi notaris.

“Adapun terpilihnya saya menggantikan Bapak Muhammad Nurung, SH. M.Kn menjadi suatu kepercayaan dan amanah untuk semakin meningkatkan pengayoman dan perlindungan kepada anggota-anggota notaris Sultra yang hingga saat ini terhitung sebanyak 74 anggota,” tandasnya.

Reporter: Gery
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button