Peristiwa

Herkules Siap Dikerahkan Ke Konawe Utara

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Yuyu Sutisna mengatakan, akan mengerahkan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) untuk membantu operasi tanggap darurat (OTD) bencana banjir di Kabupaten Konawe Utara, akibat 90 persen akses jalan nyaris putus menuju daerah tersebut.

“Kami siap menunggu instruksi Gubernur, apabila pemerintah daerah memerlukan dukungan TNI AU, dapat mengajukan langsung, tentunya sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya, Jumat (14/6/2019).

Selain dukungan Alutsista, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah personil pendukung untuk mengawal proses penaganan banjir di sejumlah kabupaten yang terdampak musibah hingga masa Tanggap Darurat Bencana (TDB) selesai.

[artikel number=3 tag=”tni,konut”]

“Misalnya jika dibutuhkan pesawat hercules untuk dropping logistik, silahkan menghubungi Lanud, nanti Lanud yang akan mengontak Koopsau,” jelasnya

Hal tersebut dikatakan olehnya saat melaksanakan kunjungan kerja dalam tiga hari terakhir ke berbagai pangkalan angkatan udara di wilayah Indonesia Timur dan Tengah, salah satunya di Lanud Halu Oleo Kendari, dalam rangka pembangunan kekuatan TNI Angkatan Udara di wilayah Timur dan Tengah.

Untuk diketahui, Lanud HLO merupakan lanud yang berstatus sebagai “alternative base” atau pangkalan alternatif. Jika seandainya di Lanud Hasanuddin Makassar terdapat kendala seperti cuaca buruk, maka penerbangan angkatan udara akan dialihkan ke Lanud HLO Kendari, maka TNI AU akan melakukan pembenahan di bagian apron (tempat parkir pesawat) yang nantinya akan diperlebar.

“Kedepan lanud HLO harus mampu mendukung operasi baik itu helikopter, pesawat angkut, maupun pesawat tempur,” imbuhnya

Selain itu, semua sarana pendukung seperti ruangan hingga rumah sakit semuanya akan dipersiapkan.

Reporter: Anca
Editor: Sumarlin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button