Metro Kendari

Tanaman Kelompok Tani Lampareng Diuji

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Pangan Kota Kendari melakukan tinjauan tanaman Kelompok Tani Lamperang Kelurahan Randouna, Kota Kendari, untuk dilakukan pemeriksaan kandungan pestisida pada tanaman yang mereka produksi.

“Hari ini kita mengambil sampel di tingkat petani, di kelompok Lamperang kita mengambil sampel kacang panjang dan daun bawang,” ujar Arianti Patung, Kepala bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dinas Pangan Kota Kendari, Kamis (23/5/2019).

Sampel yang telah dikumpulkan kemudian akan dilakukan pengujian rapid test kid pestisida untuk untuk mengetahui apakah tanaman itu memiki kandungan pestisida atau tidak.

[artikel number=3 tag=”ramadhan,politik”]

Selain itu, Arianti juga mengatakan apabila menemukan tanaman yang memiliki kandungan pestisida setelah dilakukan proses pemeriksaan maka petani tersebut akan diberi pembinaan oleh dinas terkait.

“Kita menguji residu pestisida, jika terbukti pada bahan yang mereka produksi ada residu pestisida di dalamnya, yang kita lakukan adalah ke instansi terkait, seperti pertanian dan Dinas Pangan sendiri untuk melakukan pembinaan kalau nantinya tanamannya mereka terserang hama, kalau mereka menerapkan pestisida maka harus secara tepat dosis dan tepat waktu,” jelas Arianti.

Selain itu petani akan berikan pemahaman kalau mereka menanam perlu memikirkan bagaimana kesehatan masyarakat kita, karena ini merupakan tanggung jawab moril bagi mereka.

Untuk diketahui, Dinas Pangan sebelumnya juga telah melakukan uji sampel pada sayuran, pada tingkat pedagang yang ada di mall basah Kendari di antaranya kembang kol, sawi putih dan kol setelah dilakukan proses pemeriksaan, sayuran tersebut dinyatakan aman dari kandungan pastisida.

Reporter: Musdar
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button