Metro Kendari

Di Sultra, Semangat Perjuangan Bung Karno Ditanamkan Melalui Perpustakaan

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Perpustakaan Nasional melalui Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Karno bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sultra menyelenggarakan Sosialisasi Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Hotel Zahra, Selasa (26/3/2019).

Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Janti Suksmarini, mengatakan, sosialisasi ini merupakan upaya untuk menumbuhkan dan memantapkan semangat patriotisme dengan semangat demokrasi, serta semangat nasionalisme melalui Perpustakaan Proklamator Bung Karno.  

“Makam Bung Karno hanya mewariskan abu, tapi perpustakaannya mewariskan api yang mana akan selalu hidup dan memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

[artikel number=3 tag=”perpustakaan,sosialisasi,” ]

Ia menambahkan, perpustakaan tersebut adalah perpustakaan kepresidenan, termasuk jenis perpustakaan khusus yang bertujuan meningkatkan budaya dan peradaban indonesia melalui pemikiran dan tindakan orang besar seperti Bung Karno.

“Perpustakaan Bung karno mengemban fungsi plus yakni selain menjalankan fungsi sebagai perpustakaan dan museum, melainkan juga sebagai pelestarian budaya bangsa,” tambahnya.

Oleh karena itu, Ia melanjutkan, semangat perjuangan Bung Karno dalam mempersatukan nusantara dan memerdekakan Indonesia harus digali melalui buku-bukunya, sebab buku yang menyangkut dirinya merupakan api perjuangan, nasionalisme, idealisme dan patriotisme.

“Jadi sosialisasi perpustakaan Bung Karno ini setara dengan visi perpustakaan Nasional RI yakni terwujudnya Indonesia cerdas melalui gemar membaca dengan memberdayakan perpustakan,” pungkasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button