Kolaka

Sosialisasi Surat Suara di Kolaka Sasar Disabilitas

Dengarkan

KOLAKA, DETIKSULTRA. COM-
Basis-basis Relawan Demokrasi di Sultra menjadi sasaran KPU untuk menyosialisasikan pemilu 2019. Harapannya bisa mendongkrak angka partisipasi pemilih pemilu 17 April nanti.

Di kabupaten Kolaka, KPU menyasar tiga segmen basis yakni perempuan, disabilitas, dan pemilih pemula, dengan sebaran sosialisasi di Kecamatan Samaturu, Baula, dan Wundulako.

Sosialisasi ini turut melibatkan komisioner KPU Sultra, Al munardin dan Iwan Rompo Banne.

[artikel number=3 tag=”pemilu,sosialisasi,disabilitas,” ]

Kasub Tehnis dan Hubmas KPU Kolaka, Adrie Fajar menyatakan,
sosialisasi ini sangat positif untuk memberi pemahaman masyarakat tentang pemilu, dan pentingnya berpartisipasi memilih caleg dan capres dipemilu nanti.

“KPU RI mengaturnya dalam regulasi melalui PKPU No 10 tahun 2019 tentang pemilih dan partisipasi masyarakat. Adapun sasaranya yang terkaper dalam anggaran tahun 2019 ada tiga sagmen pemilih pemula, disabilitas dan kaum Perempuan,” katanya.

Sosialisasi pemilu basis pemilih pemula, lanjut Adri, dilaksanakan di Kecamatan Samaturu dengan menghadirkan siswa SMAN 1, SMKN 1 dan Madrasah Aliyah Kolaka

Materi yang di paparkan yaitu tata cara mencoblos, pentingnya memilih, dan perkenalan jenis surat suara.

Sementara sosialisasi basis disabilitas dilaksanakan di Kecamatan Wundolako, melibatkan sekitar 50 orang.

Tujuan sosialisasi bagi penyandang disabilitas, agar mereka juga aktif berpartisipasi dipemilu, mereka juga punya hak suara sesuai amanah Undang-Undang.

Basis perempuan, dilaksanakan sosialisasi di Kecamatan Baula, sasarannya para ibu rumah tangga, harapannya kaum perempuan juga aktif dalam pemilu.

Sosialisasi belum seluruhnya menyasar basis-basis lainnya, karena terkendala anggaran.

“Adapun kendala dalam hal sosialisasi, mengenai anggaran yang disiapkan belum cukup dalam mengcover seluruh kegiatan,” tutupnya.

Reporter : M14
Editor : Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button