KonaweRegional

Jelang Pemilu, Kapolres Konawe Cek Kesiapan Personil dan Peralatannya

Dengarkan

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Menghadapi pemilu yang semakin dekat, bukan hanya KPU yang sibuk melakukan persiapan sebagai penyelenggara, dari sisi pengamanan pun, pihak kepolisian yang diembani tanggung jawab tersebut tak mau ketinggalan.

Pantauan Detiksultra.com, berbagai macam kendaraan roda empat, antara lain ambulance, barakuda, mobil Lantas, kemudian belasan kendaraan roda dua dengan nomor plat khusus kepolisian tampak berjejer memanjang. Tak hanya itu, aneka senjata dan rompi anti peluru juga menjadi tontonan di halaman Polres Konawe, hari ini Sabtu (9/2/2019).

Ratusan personil kepolisian pun berpencar melakukan barisan. Selain untuk barisan biasa pada umumnya, di samping kendaraan, persenjataan, dan peralatan medis pun personil juga tampak berdiri tegap.

[artikel number=3 tag=”pemilu,kapolres,” ]

Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar, SH, S.IK, MH, kemudian melakukan pengecekan langsung mengenai kesiapan personil, kondisi persenjataan, kendaraan dan peralatan lainnya tersebut. Kapolres juga memberikan arahan kepada anggotanya mengenai kesiapan menghadapi pemilu 2019.

Kapolres bahkan menguji ketahanan personilnya dengan memerintahkan untuk melakukan gerakan push up dan gerakan ketahanan fisik lainnya.

Usai melakukan pengecekan, AKBP Muhammad Nur Akbar, yang ditemui di ruang kerjanya, menjelaskan, pengecekan personil dan peralatan tersebut dalam rangka persiapan Operasi Mantap Brata Anoa – 2019 yang dilaksanakan untuk menghadapi pemilu Pilpres dan Pileg.

“Polres mempersiapkan peralatan dan kesiapan personil yang akan diturunkan demi mengamankan pelaksanaan pemilu di dua Kabupaten yakni Kabupaten Konawe dan Konawe Utara,” terangnya.

Polres sendiri telah melaksanakan sistem rayonisasi, yakni membagi beberapa tempat sesuai rayon yang sudah ditetapkan di dua kabupaten. Hal tersebut demi tertibnya pengamanan.

Kapolres sendiri mengaku bahwa untuk saat ini, tidak ada yang harus dievaluasi terhadap kesiapan personil dan peralatan yang ada. Namun untuk kedepannya Polres Konawe akan melakukan berkoordinasi dengan Polda Sultra.

Lanjutnya, Polres senantiasa melakukan koordinasi dengan KPU, Bawaslu dan instansi lainnya dalam rangka menghadapi pemilu 2019.

“Saya berharap pemilu kali ini dapat terlaksana dengan aman. Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana berpolitik yang santun dan sesuai dengan norma norma yang ada,” pungkasnya.

Reporter: Iwal Taniapa
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button