Ekobis

Permudah Layanan, Imigrasi Kendari Gandeng BNI

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kantor Imigrasi Kelas 1 Kendari berencana bekerjasama dengan BNI di tahun 2019 nanti. Hal itu dilakukan dalam upaya mempermudah pelayanan masyarakat.

“2019 nanti kami akan menggandeng bank BNI, karena jaraknya tidak terlalu jauh dengan Kantor Imigrasi, sehingga masyarakat usai buat paspor langsung membayar lewat BNI, tanpa melalui perantara,” kata Kepala Imigrasi Kelas 1 Kendari, Barron Ichsan, Kamis (27/12/2018).

Selain kerjasama dengan bank, kata Barron, Imigrasi juga akan bekerja sama dengan pihak Kantor Pos. Menurut dia, hal ini dilakukan supaya masyarakat yang jauh dari kantor Imigrasi tidak perlu berulang kali datang ke kantor imigrasi.

“Karena ketika paspor selesai, maka pihak Kantor Pos yang akan mengantar ke rumah warga,” tuturnya.

Untuk itu, dirinya kembali menyampaikan, pihak Imigrasi selalu berupaya memberikan pelayan secara maksimal kepada masyarakat. Karena sebelumnya, ada sekat-sekat antara petugas pelayanan dengan masyarakat. Namun ketika dirinya dipercayakan untuk memimpin Imigrasi, sekat itu tidak ada lagi.

“Saya menginginkan masyarakat ikut mengawasi petugas pelayanan kami, sehingga tidak timbul pemikiran yang negatif,” ungkapnya.

Bahkan keseriusan dirinya untuk mengubah anggapan dari Imigrasi. Kata dia, pejabat struktural yang bertugas dipelayanan ruangannya dipangkas. Padahal sebelumnya tertutup, dan sekarang dibuka serta dimajukan ke depan, untuk mempermudah jika ada komplain, sehingga dapat cepat diselesaikan.

Bahkan ruang cetak paspor juga telah dirubah. Ada ruang yang dibatasi dengan kaca, sehingga masyarakat bisa melihat namun tidak bisa ikut cetak dan lain sebagainya. Semua pemohon bisa melihat langsung bagaimana cetak paspor itu. Ada unsur edukasinya disitu.

Ditambahkannya, ia berharap seluruh petugas Imigrasi harus memberikan pelayanan prima sesuai tupokasi masing-masing. Sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

“Kalau bisa dikerjakan hari ini, ya selesaikan hari ini juga,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor : Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button