Metro Kendari

Pengurus Forkomla Nusantara Resmi Dikukuhkan, Pemkot Kendari Siapkan Kantor Sekret

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengukuhkan Pengurus Forum Komunitas Antar Lembaga Adat (Forkomla) Nusantara Kota Kendari di Rujab Wali Kota Kendari, Selasa (16/2/2021).

Sulkarnain Kadir berharap forkomla bisa menjadi wadah untuk menampung dan menyalurkan berbagai aspirasi masyarakat, khususnya lembaga adat kepada pemerintah.

“Mudah-mudahan dengan dikukuhkannya pengurus ini betul-betul seluruh potensi adat budaya dan kultur yang melekat pada masyarakat Kota Kendari yang berasal dari berbagai etnis dan berbagai suku, akan menjadi potensi yang bisa dikembangkan dan disinergikan untuk membangun Kota Kendari,” ujarnya.

Sulkarnain juga menyambut baik visi yang diterapkan forkomla dengan kebijakan pemerintah kota terkait pengembangan adat istiadat dan budaya, sehingga bisa menjadi mediator, fasilitator, dan motivator pada masyarakat Kota Kendari.

Namun, saat ini masyarakat Kota Kendari belum memiliki fasilitas yang mewadahi aktivitas dalam jumlah besar. Dengan begitu, pemkot merencanakan akan menyediakan gedung serbaguna untuk menampung kegitan forkomla.

Sementara, Ketua Forkomla Kendari Alamsyah Lotunani menjelaskan, keragaman suku, budaya dan adat istiadat merupakan sebuah kekuatan yang perlu dikembangkan untuk membangun Kota Kendari.

Forkomla hadir dengan mengangkat sebuah visi agar terwujud suasana kehidupan yang harmonis antaretnis suku di Kota Kendari.

Untuk mencapai visi tersebut, pihaknya akan meningkatkan komunikasi antarlembaga adat paguyuban, memantapkan nilai kearifan lokal, meningkatkan kehormatan terhadap nilai budaya dan adat istiadat serta memantapkan mediasi penyelesaian konflik yang terjadi pada kalangan masyarakat Kota Kendari.

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button