Kesehatan

Wujudkan Germas, Dinkes Sultra Terus Dorong Tiga Hal Ini

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Demi mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara terus mendorong tiga hal yang diprogramkan oleh pemerintah pusat. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Kesehatan Lingkungan Dinkes Sultra, Sultan Andi Bakri kepada Detiksultra.
“Kami terus mendorong tiga hal di masyarakat yakni melakukan aktifitas fisik 30 menit perhari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksa kesehatan secara rutin. Kami tergetkan ketiga hal ini menjadi kebiasaan yang dilakukan masyarakat secara berkesinambungan,” terangnya.
Untuk mengajak masyarakat dalam membudayakan ketiga hal itu, pihak Dinkes Sultra menggelar kegiatan kampanye Germas yang terdiri atas senam massal dan cek kesehatan gratis. Selain itu, mereka juga membuka pasar buah murah untuk mendorong kebiasaan mengonsumsi buah.
Kegiatan tersebut, kata Sultan, sudah dilakukan sejak 2017 lalu di tiga lokus kegiatan yakni Konkep, Bombana dan Kolaka. Pada 2018 ini, lokus kegiatan dilakukan di Buton, Buton Utara, dan Konawe.
Sementara itu, untuk menunjang terwujudnya Germas ini, mereka juga memfasilitasi dan mendorong terbentuknya forum Germas di masyarakat.
“Fasilitasi pembentukan forum komunikasi Germas dari komponen SKPD, Ormas, dan dunia usaha sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang pelaksanaan Germas. Forum ini dibentuk di daerah lokus kegiatan dan diharapkan bisa menghayo-hayokan dalam mengambil peran untuk hidup sehat,” pungkasnya.
Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button