Kesehatan

Tingkatan Pelayanan Kesehatan Pemda Tambah Tenaga Dokter dari Unhas

Dengarkan

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Wakatobi dibidang kesahatan, pemerintah Kabupaten Wakatobi menambah tenaga dokter.
Penambahan tenaga dokter dilakukan melalui kerjasama dengan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin Makassar. Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemda Wakatobi dengan pihak Unhas telah ditandatangani Jum’at malam (29/6/2018).
Bupati Wakatobi, H Arhawi, mengatakan, kerjasama antara Pemda Wakatobi bersama Unhas ini merupakan kali kedua. Sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2016 – 2017 dan dilanjutkan kembali tahun ini.
“Tahun 2017 baru empat dokter spesialis, sekarang sudah ditambah dua orang lagi. Kerjasama dengan pihak Unhas ini merupakan lanjutan kerjasama yang pernah kita lakukan,” ujar Arhawi.
Arhawi berharap dengan kerjasama ini, pelayanan RSUD Wakatobi semakin maksimal, karena sudah didukung oleh enam dokter spesialis. Di Puskesmas-puskesmas juga telah ditempatkan dokter umum dan dokter gigi.
Di tempat yang sama, Ketua Program Pendidikan Dokter Spesialis Unhas, dr. Syafri, menyatakan, kerjasama antara Unhas dan Pemda Wakatobi bisa saja terhenti apabila sumber daya dokter sudah tersedia di Wakatobi. Hal itu bisa dengan cara mengirimkan putra – putrinya untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Unhas Makasar .
“Itu bisa kita siapkan mulai dari sekarang. Kita harapkan ada tenaga dokter umum yang putra daerah kalau bisa yang dikirim ke Makassar ke FK Unhas untuk menjalani pendidikan spesialis yang akan kembali ke sini nantinya. Setelah itu, mungkin tenaga dari FK Unhas tidak dibutuhkan lagi,” pungkasnya.
Reporter: Ema
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button