berita sulawesi tenggara

Harga Ikan Laut Mahal, Ikan Bandeng Diserbu Pembeli

55 x Tayang Publisher: On:
Harga Ikan Laut Mahal, Ikan Bandeng Diserbu Pembeli
Suasana pasar pelelangan ikan. Foto: Ningsih/Detiksultra.

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Harga ikan laut di pelelangan ikan Kendari masih relatif mahal. Hal ini dipicu kondisi cuaca hampir sebulan terakhir yang tidak bersahabat. Sehingga membuat sebagian besar nelayan enggan melaut dan akibatnya produksi ikan juga menurun.

Harga ikan laut yang mahal dan stok yang terbatas, menyebabkan ikan bandeng banyak diminati pembeli di pasar pelelangan ikan.

Harga ikan bandeng, dibanderol 15 ribu sampai 25 ribu perkilonya.

Sementara ikan air laut, seperti ikan sunu dijual seharga Rp60 ribu sampai Rp70 ribu perkilonya, begitu pula dengan ikan putih dan baronang.

Jauhnya perbandingan harga ikan air laut dan ikan air tawar ini, membuat pembeli banyak beralih membeli ikan bandeng karena harganya relatif terjangkau.

Marni, salah seorang pembeli mengatakan, tingginya harga ikan laut membuat dirinya dan keluarganya memilih ikan bandeng untuk dikonsumsi.

“Karena harganya tinggi, makanya saya beli ikan bandeng. Harganya relatif terjangkau,” katanya.

Hal senada diungkapkan Eva. Semenjak harga ikan laut mahal, bukan berarti tidak makan ikan. Namun ia mengurangi porsi membeli ikan laut.

“Biasanya sekilo, kini dikurangi menjadi stengah kiloan saja, dan selebihnya saya beli ikan bandeng untuk persediaan,” terangnya.

Mahalnya harga ikan laut, membuat banyak pedagang berjualan ikan bandeng karena permintaan yang cukup tinggi.

Reporter: Ningsih
Editor: Rani

No Responses

Tinggalkan Balasan