Metro KendariPolitik

AMAN Berjaya di Buton Raya dan Muna Raya

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Berdasarkan data yang diambil dari website resmi KPU RI, www.kpu.go.id pada pukul 13.00 wita, dari 4.909 TPS yang ada di 17 kabupaten/kota di Sultra, sebanyak 3.564 TPS atau 72,60 persen datanya sudah masuk di KPU.
Perolehan suara sementara berdasarkan data C1, paslon nomor urut satu Ali Mazi-Lukman Abunawas memperoleh suara tertinggi, sebesar 351.206 atau 43,98 persen.
Paslon nomor urut dua Asrun-Hugua, terpaut jauh, dengan perolehan 195.461 suara atau 24,48 persen. Paslon nomor urut tiga Rusda-Sjafei mendulang suara 251,929 atau 31,55 persen.
Dari hasil perolehan suara sementara, pasangan Cagub-Cawagub Sultra dengan akronim AMAN unggul telak dengan menguasai suara di sebelas kabupaten/kota. Sehingga pasangan ini jauh meninggalkan dua kompetitornya.
Paslon Berkah hanya unggul di dua wilayah, yakni Konawe dan Konsel. Sedangkan paslon dengan tagline Sultra Cepat mendulang suara terbesar dari tiga kabupaten yakni Bombana, Kolut dan Kolaka. Kota Baubau sendiri belum terinput di data base KPU.
Jika dijabarkan perwilayah, AMAN unggul di Buton dengan perolehan suara sebesar 68,2 persen, menyusul Asrun-Hugua 17,2 persen suara, sedangkan Rusda-Sjafei hanya memperoleh 14,6 persen suara.
Di Buton Selatan AMAN juga mendominasi dengan perolehan 61,1 persen suara, diikuti Rusda-Sjafei sebanyak 23,2 persen suara, sedangkan Asrun-Hugua 15,7 persen.
Di Buton Tengah, AMAN masih memimpin raihan suara sebesar 60,2 persen, menguntit jauh dibelakang yakni Asrun-Hugua 23,8 persen, sementara Rusda-Sjafei hanya 16 persen.
Di wilayah Buton Utara, paslon Ali Mazi-Lukman menang dengan 60,4 persen suara, disusul Asrun-Hugua 24,8 persen, sementara Rusda-Sjafei berhasil mendulang 14,7 persen suara saja. AMAN bisa dibilang merajai wilayah Buton raya.
Seperti halnya yang terjadi di Buton Raya, AMAN juga merebut suara tertinggi di Muna Raya, yakni 52,2 persen. Diikuti Rusda-Sjafei 29 persen, sedangkan Asrun-Hugua yang mengharapkan kinerja dari Bupati Muna sebagai kader PDIP yang merupakan partai pengusung Berkah, justru terjungkal hanya meraih 18,8 persen suara.
Sementara di Muna Barat, AMAN tak tertandingi dengan perolehan suara 72,8 persen, Rusda-Sjafei jauh tertinggal dengan perolehan 16,3 persen suara, diikuti Asrun-Hugua dengan 11 persen suara saja.
Untuk wilayah Kolaka Timur, wilayah ini termasuk basis suara paslon dengan tagline Sultra Cepat, namun AMAN mengambil alih dominasi suara di wilayah yang baru mekar 5 tahun lalu, dengan perolehan 47 persen suara, sisanya 39,9 persen dimiliki Rusda-Sjafei dan 13,1 persen untuk Asrun-Hugua.
Di daerah otonomi baru juga, yakni Konawe Kepulauan, AMAN menang dengan suara 47,3 persen, Rusda-Sjafei sebanyak 27,8 persen, dan sisanya 24,9 persen untuk Asrun-Hugua.
Dalam situs resminya dikatakan, C1 ini diperoleh apa adanya, data bisa berubah ketika ada pleno penetapan di KPU daerah masing-masing.
Reporter: Fadli Aksar
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button