CeritaKolakaMetro Kendari

Ribuan Warga Rayakan Lebaran Ketupat di Pantai Lamundre

Dengarkan

KOLAKA, DETIKSULTRA.COM – Ribuan warga memadati Pantai Lamundre, Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka, bertepatan dalam perayaan lebaran ketupat di hari ketujuh Idul Fitri, Kamis (21/6/2018). Tak hanya warga sekitar, ribuan warga dari pelosok daerah juga tampak berdatangan.
Sejak pagi hari, warga sudah mulai berdatangan dan memadati Pantai Lamundre. Seperti dari Kabupaten Bombana, Kolaka, dan beberapa kabupaten lainnya untuk menikmati pantai berpasir putih ini.
Salah seorang pengunjung asal Kecamatan Toari, Sunardi mengatakan, ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya bagi warga lokal, khususnya suku Jawa. Namun faktanya, perayaan lebaran ketupat kini tidak hanya dinikmati bagi suku Jawa saja, tapi juga suku lainnya di Sulawesi Tenggara.
“Lebaran ketupat ini seperti ajang silahturahmi bagi warga sekitar bersama keluarga sekaligus berwisata. Ini semacam ritual tahunan bagi kami, sejak jaman dulu dengan membawa makanan ketupat untuk bersantap bersama keluarga di pantai,” jelasnya.
Kapolsek Kecamatan Watubangga, Iptu Arman mengatakan, sebanyak 15 personil diturunkan untuk menjaga perayaan lebaran ketupat di Pantai Lamundre. Menurutnya, sekitar 3000 ribu pengunjung datang di pantai tersebut untuk berwisata.
“Tahun ini lebih banyak warga yang datang dibandingkan dengan tahun kemarin. Hal ini membuat petugas dari Polsek Watubangga harus ekstra keras mengatur arus lalu lintas di sekitar pantai ini,” tukasnya.
Reporter: Yus
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button