berita sulawesi tenggara

Survei BEM Fisip UHO: Rusda-Sjafei Ungguli Kedua Lawannya

4.316 x Tayang Publisher: On:
Survei BEM Fisip UHO: Rusda-Sjafei Ungguli Kedua Lawannya
Tim survei BEM FISIP UHO. Foto: Fadli Aksar/Detiksultra.

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip UHO, merilis hasil survei online Cagub-Cawagub Sultra periode 2018-2023. Survei ini dilakukan selama tiga bulan dengan melibatkan 477 responden yang tervalidasi.

“Dari pertanyaan, siapakah kepala daerah yang paling ideal memimpin Sultra, responden memberikan jawaban Paslon Gubernur dan Wagub nomor urut tiga Rusda – Sjafei unggul dengan 48.8 persen. Diurutan kedua Paslon AMAN 28,7 persen, sedangkan paslon nomor urut dua Asrun-Hugua dengan 21,2 persen,” ungkap Ketua BEM Fisip UHO Fatkhul Manan saat memaparkan hasil rilis pada Senin malam (11/6/2018)

Lembaga internal FISIP UHO ini, melakukan jejak pendapat atau poliing di internet, dimana link/website disebar ke berbagai media sosial. Setiap pengguna media sosial, secara bebas menjadi responden ketika mendapat kiriman link. Metode tersebut biasa disebut metode non probabilitas.

“Kami menggunakan dua aplikasi untuk mengolah data survei ini. Kami mentransformasi hasil survei dari link di excel kemudian kita eksport ke SPSS, maka akan keluar hasil yang bisa kita bisa lihat,” bebernya.

Dalam survei ini, lanjut Fatkhul Manan, pihaknya menggunakan pertanyaan tertutup, dengan tiga kategori pertanyaan yakni, nama, umur, domisili. Kategori yang kedua, kepuasan publik terhadap kepemimpinan gubernur/bupati sebelumnya. Kategori ketiga, karakter gubernur yang responden inginkan.

Hasil Survei BEM Fisip UHO yang menunjukkan keunggulan pasangan Nomor Urut 3 Rusda Mahmud-Sjafei Kahar. Foto: Istimewa

“Dari 17 kabupaten/kota, disitu semua ada yang mewakili, responden terbanyak berasal dari Kendari dengan 198 orang atau 41,5 persen, ini membuktikan warga Kota Kendari paling antusias dan melek terhadap teknologi,” papar Fatkhul Manan.

Sementara wilayah kedua, responden dari Kota Baubau sebanyak 79 orang atau 16,6 persen. Dari Muna sebanyak 63 orang atau 13,2 persen.

Pekerjaan responden, terbanyak dari kalangan mahasiswa sebesar 221 orang atau 46,3 persen, wiraswasta sebanyak 130 orang atau 27,3 persen, pelajar 51 orang atau 10,7 persen.

Reporter: Fadli Aksar
Editor : Arlink

No Responses

Tinggalkan Balasan