berita sulawesi tenggara

Syahbandar Kendari Siapkan Posko Terpadu Pengamanan Mudik Lebaran

121 x Tayang Publisher: On:
Syahbandar Kendari Siapkan Posko Terpadu Pengamanan Mudik Lebaran
Kepala Kantor KSOP Kelas II Kendari Israyadi. Foto: Putra/Detiksultra.

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Satu minggu jelang mudik lebaran, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari menyediakan personil dan posko terpadu terdiri dari TNI/Polri, Basarnas, Kesehatan Pelabuhan, Karantina dan Bea Cukai.

Kepala Kantor KSOP Kelas II Kendari Israyadi, mengatakan posko itu dibangun di 3 lokasi yaitu, Terminal Umum penyebrangan Kota Lama, Terminal Umum Nusantara dan Terminal Umum Pangkalan Perahu.

“Jadi selama minus 15 hari lebaran, kami sudah menyiapkan posko dengan menyiapkan 32 unit kapal, dengan kapasitas seat kapal 6.676 seat untuk pelaksanaan mudik lebaran, itu khusus untuk penyeberangan kendari dan sekitarnya diantaranya Kendari-Baubau, Kendari-Salabangka, Kendari-Bitung, Kendari-Raha-Baubau,” ujarnya, Jumat (8/6/2018).

Menurutnya jumlah kapal yang beroperasi selama arus mudik dan balik ini lebih banyak dari hari biasanya yang berjumlah 28-29 kapal.

“Jadi sekarang ini kami menyiapkan kapal cadangan kurang lebih 5 kapal. Yang paling banyak itu rute Kendari-Raha dan sampai saat ini sudah 1.500 penumpang dari tanggal 31 sekarang tanggal 8 Juni, itu yang ke Raha,” ungkapnya.

Pihaknya memastikan sampai H-3 lebaran akan mengalami lonjakan penumpang sampai 6%.

“Kami sudah melaporkan waktu Rakordis di Jakarta bahwa kami akan mengalami kenaikan sampai enam 6 persen. Kalau prediksi kami besok malam Minggu-malam Senin, tapi saya juga dapat laporan H-4 dan H-3 masih akan mengalami kenaikan karena orang-orang Raha masih akan datang belanja di Kendari,” tukasnya

Reporter: Putra
Editor : Arlink

No Responses

Tinggalkan Balasan