berita sulawesi tenggara

Tes Urine di MTsN 1 Kendari, Satu Siswa Positif Benzo

59 x Tayang Publisher: On:
Tes Urine di MTsN 1 Kendari, Satu Siswa Positif Benzo
Suasana tes urine di MTsN 1 Kendari. Foto: Ningsih/Detiksultra.

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Lebih dari 300 peserta didik baru MTsN 1 Kendari melakukan tes urine, (4/6/2018). Dari hasil tes urine Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari, ditemukan satu siswa yang dinyatakan positif benzo.

Benzo adalah sejenis obat penenang. Namun di dalamnya tidak ada unsur narkotika.

Kepala BNN Kota Kendari, Murniaty membenarkan, satu contoh tes urine mengandung zat dalam narkotika. Namun saat diteliti, positif mengandung benzo yang tidak ada unsur narkotikanya.

“Berdasarkan keterangan siswa yang bersangkutan saat dimintai keterangan kepada kami, ia mengatakan sudah beberapa hari ini minum obat flu untuk meredakan hidung yang tersumbat, imbuhnya,” ujarnya.

Dalam kasus ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika memang merasa bukan pemakai atau pecandu. Kenyataannya, menurut Murniaty, konsumsi obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi hasil tes narkoba. Diperkirakan 5-10 persen hasil positif dalam tes narkoba adalah false positive akibat pengaruh obat-obatan.

Lebih lanjut, pihaknya berharap sekolah-sekolah lain dapat mengikuti jejak MTsN 1 Kendari. Menjaring peserta didiknya dengan melakukan tes urine. Guna memastikan siswa bebas dari obat-obat terlarang.

“Saat ini baru dua sekolah yang bekerja sama dengan BNN mengadakan kegiatan tes urine narkoba, setiap seleksi penerimaan peserta didik,” katanya.

Tes urine narkoba sangat penting berlakukan mengingat beberapa tahun terakhir peredaran narkotika mulai merambah dunia pendidikan dan menyasar para siswa.

Reporter: M3
Editor: Ann

Calon siswa baru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MTsN) 1 Kendari sedang menjalani tes urine. Foto: Febri/Detiksultra.

No Responses

Tinggalkan Balasan