Metro Kendari

Efek Domino Kedatangan 156 TKA, PT.VDNI dan PT.OSS Langsung Rekrut 950 TKL

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kedatangan 156 tenaga kerja asing (TKA) Tiongkok pada gelombang pertama, membuat ratusan tenaga kerja lokal (TKL) memiliki kesempatan untuk bekerja di PT. Virtu Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT. Obsidian Stainlies Stell (OSS).

Hal ini sejalan dengan pernyataan Departement Human Resources (HR) PT.VDNI, Arya dalam rilisnya, bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan proses perekrutan TKL sebanyak 950 orang.

Nantinya lanjut dia, 950 TKL ini akan bekerja bersama dengan 156 TKA Tiongkok yang baru saja ditiba di Kendari, Selasa 23 Juni 2020 kemarin, untuk menyelesaikan proses pembangunan smelter PT.VDNI dan PT.OSS.

“Saat ini 156 TKA yang baru tiba sedang dikarantina selama 14 hari dan belum bisa melakukan aktifitas. Jadi untuk menunggu masa karantina kami pihak perusahaan merekrut sekitar 950 pekerja lokal, yang sekarang sedang dalam proses,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, Arya menjelaskan proses perekrutan 950 TKL ini selesai bertepatan dengan selesainya masa karantina 156 TKA. Dengan begitu, masa karantina selesai, maka TKL dapat langsung bekerja denga para TKA.

“Jadi dengan keberadaan 156 TKA yang baru saja datang ini, membuat kami pihak perusahaan harus menyerap tenaga kerja baru. Dan perekrutan itu memenuhi Man Power Planning Percepatan Pembangunan Mega Industry,” jelasnya.

“Karyawan baru saat ini yang dibutuhkan berjumlah 200 orang terdiri dari crew produksi, construction, dan helper, yang minimal memiliki jenjang SMA sederajat dan akan mengikuti masa trainning, 30 operator excavator, 30 operator whell louder bersertifikat SIO, 30 welder iron design plate bersetifikat dan 10 laboraturium chemical production jurusan teknik kimia,” sambungnya.

BACA JUGA:

Arya yang juga menjabat sebagai Staf PT.OSS Bidang Perekrutan ini menegaskan kembali 156 TKA yang baru tiba merupakan pekerja ahli sesuai bidangnya, untuk mengejar keterlambatan pembangunan Mega Industry Project Factory Building Construction Smelter Feronickel dan Stainless pasca Covid-19.

“Kedatangan 156 TKA asal China ini didatangkan dari perusahaan induk Jiangsu De Long. Mereka merupakan tenaga ahli dibidang Project Construction and Equipment Smelter,” imbuhnya.

Sementara itu, Staff PT.VDNI Bidang Perekrutan, Dinda mengungkapkan untuk kebutuhan PT.VDNI sendiri, pihaknya akan melakukan proses perekrutan sebanyak 250 driver dump truck, 100 crew workshop maintanance preparation, 320 crew material suspension, produksi dan laboraturium sampel.

“Kalau ditotal sekitar 950 tenaga kerja baru dalam proses. Serta perekrutan karyawan masih akan dilakukan sembari berjalannya proses percepatan pembangunan semelter tersebut dan karyawan yang memilih dirumahkan selama Covid-19 sudah mulai masuk ke divisi masing-masing,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button