Metro Kendari

Didominasi Tenaga Administrasi, Pemkot Kendari Kekurangan Tenaga Teknis

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Komposisi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Kendari masih didominasi tenaga administrasi. Di sisi lain, jumlah ASN dengan kemampuan teknis, jauh dari memadai.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Zainal Arifin mengatakan, perbandingan jumlah tenaga teknis dan adminstrasi tidak seimbang.
“Pasalnya, dari 7 ribu ASN lingkup Kota Kendari, hanya 30 persen tenaga teknis. Sementra 70 persennya adalah tenaga administrasi,” imbuhnya.
Saat ini, Kota Kendari sangat membutuhkan tenaga teknis seperti guru dan tenaga medis. Namun kekurangan itu tidak bisa dipenuhi, karena hingga saat ini pemerintah pusat belum mengeluarkan instruksi penerimaan ASN lingkup Pemerintah Kota Kendari. Walaupun telah diusulkan ke pemerintah pusat, namun harapan itu kecil.
“Karena belanja pegawai kita sangat tinggi, di atas 50 persen. Untuk itu, ke depan, kita harus meningkatkan kapasitas ASN yang sudah ada agar memiliki kualitas dan kualifikasi yang menunjang tata kelola pemerintahan Kota Kendari,” tuturnya.
Zainal menambahkan, terkait hal tersebut, pihaknya akan mengadakan diklat tenaga administrasi menjadi tenaga teknis. Yang tentu saja harus melalui proses seleksi dan mengutamakan ASN yang memiliki kompetensi dan ahli di bidangnya.
Reporter: M3
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button