berita sulawesi tenggara

Harga Ayam Potong di Kolaka Naik

117 x Tayang Publisher: On:
Harga Ayam Potong di Kolaka Naik
Pedagang ayam potong di Pasar Raya Kolaka. Foto: Yus/detiksultra.

KOLAKA, DETIKSULTRA.COM – Harga ayam potong di Pasar Raya Kolaka naik. Harga mencapai Rp90 ribu per ekor. Hal ini disebabkan kurangnya pasokan.

Erni, seorang pembeli mengeluhkan harga ayam potong yang semakin naik. “Satu minggu sebelum puasa saya datang beli masih sekitar Rp60 ribu sampai Rp70 ribu per ekor yang besar, sekarang harganya sudah sampai Rp85 ribu per ekor,” katanya.

Ia berharap ada solusi sehingga harga bisa turun. “Ini baru bulan puasa, tidak tahu mi kalau mau masuk lebaran, kemungkinan harganya bisa naik lagi,” ujarnya.

Seorang pedangan di Pasar Raya Kolaka, Agus mengungkapkan, pasokan ayam dari Sidrap, Sulawesi Selatan berkurang sehingga harga naik. Harga ayam dari Rp50 ribu menjadi Rp65 per ekor dengan ukuran 1,5 kg dan ukuran jumbo Rp90 ribu yang sebelumnya Rp70 ribu per ekor.

“Stok ayam potong dari Sidrap berkurang. Ada yang kecil tapi belum bisa dipotong karena ukuranya baru satu kilogram,” terangnya.

Ia memperkirakan harga akan terus naik hingga jelang Idul Fitri.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kolaka, Ahmad F mengatakan, kenaikan harga akibat tingginya minat pembeli saat bulan Ramadan. “Belum lagi, permintaan dari daerah lain pada distributor yang sama juga bertambah sehingga pasokan yang masuk ke Kolaka berkurang,” katanya.

Reporter : Yus
Editor: Cuncun

No Responses

Tinggalkan Balasan