berita sulawesi tenggara

Pilbup Konawe, Kery-Gusli Raih Elektabilitas Tertinggi Versi Indo Barometer

600 x Tayang Publisher: On:
Pilbup Konawe, Kery-Gusli Raih Elektabilitas Tertinggi Versi Indo Barometer
Calon Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Foto: Istimewa.

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konawe, Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara, menempati posisi paling atas dalam survei yang dirilis Indo Barometer Indonesia, dengan tingkat keterpilihan 62.1 persen.

Sementara pasangan Irawan Laliasa-Adi Jaya Putra, berada di posisi kedua dengan tingkat keterpilihan 15.0 persen. Disusul Litanto-Murni Tombili 14.5 persen. Posisi terakhir Muliati Saiman-Mansur dengan tingkat keterpilihan 3.6 persen. Sedangkan belum menentukan pilihan 4.8 persen.

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli mengatakan, survei dilakukan di wilayah Kabupaten Konawe yang meliputi 28 Kecamatan, dan dilaksanakan mulai 9 s.d 16 Maret 2018.

“Jumlah responden yang digunakan 420 orang berusia minimal 17 tahun atau lebih atau sudah menikah,” ungkap Hadi Suprapto Rusli, Senin (14/5/2018).

Adapun temuan pokok lain yang ditemukan dari hasil survei ini, lima alasan terbanyak responden dalam memilih calon bupati yakni, kinerjanya bagus, dekat dengan rakyat, melanjutkan program, berjiwa sosial dan orangnya baik.

“Sementara masyarakat yang menginginkan kembali Kery Saiful Konggoasa sebagai bupati dipersentasekan senilai 67.1 persen. Todak menginginkan 28.6 persen, dan yang tidak menentukan 4.3 persen,” katanya.

Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage random sampling, dengan teknik pengambilan data yang digunakan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner sendiri.

“Untuk maksud dan tujuan sendiri dilakukannya survei ini, untuk melihat permasalahan di Konawe, peta politik, termasuk peluang Calon Bupati Konawe 2018,” imbuh Hadi Suprapto Rusli.

Reporter: Ahmad Sadikin
Editor: Ann

No Responses

Tinggalkan Balasan