berita sulawesi tenggara

Pedagang Korban Penggusuran Menangis di Gedung DPRD Wakatobi

3.357 x Tayang Publisher: On:
Pedagang Korban Penggusuran Menangis di Gedung DPRD Wakatobi
Nampak pedagang menangis saat mengadukan nasibnya di gedung DPRD Wakatobi. Foto : Ema/ detiksultra.

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Puluhan pedagang di area parkiran Pasar Sentral Mandati III Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi menangis histeris saat hearing di DPRD setempat, Jumat (11/5/2018). Mereka sedih pasca terkan gusur.

Penggusuran dilakukan pihak Disperindak setempat. Menyusul akan diperbaikinya tempat parkir. Sayangnya, lahan relokasi yang ditawarkan pemerintah kepada pedagang kurang representatif.

“Kami masyarakat kecil ini hanya meminta disediakan tempat yang layak untuk berjulaan. Bukan tempat (tempat yang disediakan-red) untuk diusir sama pemilik lahan, seperti tempat yang disediakan sekarang ini,” keluh Mariama, mewakili pedagang lainnya sambil menangis, Jumat (11/5/2018).

Mendengar keluhan para pedagang, anggota DPRD Wakatobi dari Fraksi Asri, La Moane Sabara mengatakan, pemerintah mesti menyediakan lahan yang sesuai. Apalagi, pendagang di area parkiran bukan untuk mencari kekayaan tapi memenuhi kebutuhan hidup.

“Tidak boleh dipindahkan sebelum pemerintah daerah menyiapkan tempat yang layak dan nyaman, dan tidak menjadi sengketa. Ini tidak bisa dibiarkan. Dan kami akan perjuangkan ini,” katanya.

Setelah melalui dialog yang cukup alot, hingga dihadiri Bupati Wakatobi, H Arhawi SE. Akhirnya, rapat menutuskan untuk melakukan penundaan pemasangan paving block di area parkir hingga selesai lebaran.

Reporter : Ema
Editor: Cuncun

No Responses

Tinggalkan Balasan