Metro KendariPolitik

Hadapi Debat Kedua, Ini Tips Buat Kandidat

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dekan FISIP UHO, Dr Bahtiar memberikan tips kepada kandidat Pilkada Sultra dalam menghadapi debat. Itu untuk memaksimalkan penampilan dan menjawab setiap pertanyaan.
Ia mengatakan, cagub dan cawagub dalam menghadapi debat kali ini harus mempersiapkan diri lebih matang lagi dibanding debat pertama, sehingga jawaban sesuai dengan pertanyaan.
“Dalam menghadapi debat, para cagub hendaknya betul-betul mempersiapkan diri. Menguasai data-data yang berkaitan dengan tema debat. Fokus memperhatikan pertanyaan agar ada kecocokan antara pertanyaan dan jawaban,” jelasnya.
Sedangkan saran dari Ketua BEM FISIP UHO, Fatkhul untuk menghadapi debat kandidat kedua, para cagub dan cawagub perlu mengevaluasi hasil debat pertama.
“Terpenting itu lebih menguasai visi misi dan program kerja masing-masing. Debat sangat berpengaruh besar untuk menentukan arah pilihan publik yang masih bingung dalam memilih. Di debat akan terlihat secara gamblang pengetahuan dari pasangan cagub dan cawagub seperti public speaking dan karakter paslon,” ujarnya.
Selain penguasaan materi, imbuhnya, kandidat juga harus memperhatikan kesiapan mental dan ketenangan pada saat berdebat.
Reporter: Nirwana Anwar
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button