berita sulawesi tenggara

Dikagumi Presiden PB Indobarca, Bokori Disebut Replika Pulau Maladewa

444 x Tayang Publisher: On:
Dikagumi Presiden PB Indobarca,  Bokori Disebut Replika Pulau Maladewa
Seluruh peserta dan panitia Gathering Celebes Indobarca ke-3 di Pulau Bokori. Foto: Fadli Aksar/Detiksultra.

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Presiden Penya Barcelonista Indobarca Indonesia, Satria Juliarto, melakukan supervisi kegiatan Gathering Celebes Indobarca ke-3. Kegiatan ini dilaksanakan Indobarca Chapter Kendari di Pulau Bokori (22/4/2018). Satria Juliarto mengaku kagum dengan keindahan pulau tersebut.

“Beberapa backpacker menilai Pulau Bokori ini seperti Little Malidives, jadi ya memang kayak replikanya Pulau Maladewa, yang di dekat India dan Bangladesh. Ikon wisata dunia, cukup unik dan indah,” ujarnya.

Namun, menurutnya Pulau Bokori masih butuh sentuhan. Seperti fasilitas berupa ketersediaan air tawar yang lebih banyak, listrik yang bisa menggunakan sollar cell ataupun win turbin. Karena banyak perangkat elektronik yang harus dilakukan pengisian daya.

Pengaturan terkait pembuangan sampah juga tak luput dari koreksinya. Menurut pria yang kerap disapa Yaya ini, perlu ada peraturan tegas untuk pengunjung agar tertib membuang sampah. Sehingga pantai tersebut tidak kotor, dan lebih banyak wisatawan yang datang.

“Seandainya pengelolaan Pulau Bokori ini sudah bagus, seperti pulau-pulau yang sudah menjadi tujuan wisata, saya inginnya Gathering National (Gathnas) se-Indonesia bisa dilakukan di pulau ini. Tapi nanti kita lihat ke depan,” imbuhnya.

Mengomentari pelaksanaan Gatchel ke-3 di Kendari, staf di DPR RI ini melihat, kegiatan tersebut cukup sukses. Meskipun ada beberapa kendala, tetapi itu adalah hal yang wajar.

“Setiap kegiatan itu ada plus-minusnya, jangan kita lihat minusnya jadi patokan. Karena kegiatan ini untuk menjalin kekerabatan sesama fans regional Sulawesi yang juga dicanangkan pusat,” bebernya.

Untuk diketahui, Gathering Celebes Indobarca ke-3 ini diikuti 15 Chapter Sulawesi dan 3 Chapter luar Sulawesi. Diantaranya Balikpapan, Depok dan Timika. Gatchel ke-4 tahun 2020 rencananya akan dilaksanakan di Chapter Ampana Sulawesi Tengah.

Reporter: Fadli Aksar
Editor: Ann

No Responses

Tinggalkan Balasan