berita sulawesi tenggara

Ingin Lulus SNMPTN, Ini Prodi yang Tidak Boleh Dijadikan Pilihan Kedua

15.954 x Tayang Publisher: On:
Ingin Lulus SNMPTN, Ini Prodi yang Tidak Boleh Dijadikan Pilihan Kedua
Wakil Rektor I, La Hamimu (tengah). Foto: Yusuf Maronta/Detiksultra.com

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Universitas Halu Oleo mempunyai beberapa jurusan yang sulit ditembus dalam tes Seleksi Nasional MasukPerguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Khususnya jurusan favorit, tidak bisa dijadikan pilihan kedua saat mengisi daftar pilihan jurusan.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Rektor I UHO, La Hamimu saat menjadi pembicara pada acara sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN UHO 2018 yang digelar di Auditorium Mokodompit UHO, Sabtu (24/2/2018).

Dijelaskan, jurusan-jurusan favorit yang tidak berpeluang lulus jika dijadikan pilihan kedua adalah program studi (prodi) pendidikan biologi, pendidikan matematika, pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan sejarah, pendidikan ekonomi, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan bahasa inggris, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan bimbingan konseling, pendidikan geografi, psikologi, dan pendidikan akuntansi, untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), prodi manajemen dan prodi akuntansi. Untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), prodi ilmu komunikasi dan prodi jurnalistik.

Fakultas Pertanian (FAPERTA) yaitu prodi agribisnis. Fakultas Teknik adalah prodi teknik sipil, teknik arsitek, teknik mesin, teknik elektro dan proditeknik informatika.

Untuk Fakultas Mipa yaitu prodi matematika, biologi, statistika dan prodi ilmu komputer.
Untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) yaitu prodi agribisnis perikanan. Untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat yaitu prodi ilmu kesehatan masyarakat.

Untuk Fakultas Kedokteran yaitu prodi pendidikan dokter. Fakultas Farmasi yaitu prodi Farmasi. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITK) yaitu, prodi teknik geologi dan prodi teknik pertambangan. Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yaitu prodi sastra inggris.

Dia mengingatkan calon peserta tes SNMPTN untuk tidak mencoba-coba mengambil jurusan favorit sebagai pilihan kedua. Karena dipastikan tidak akan lulus.

“Misalnya kita mau ambil jurusan biologi sebagai pilihan pertama, dan kemudian mengambil jurusan matematika di pilihan kedua. Saya bisa pastikan tidak akan lulus dua-duanya,” terang Hamimu.

Dengan adanya informasi ini, Hamimu berharap peserta SNMPTN bisa lebih bijaksana dalam memilih prodi, agar bisa lulus dalam SNMPTN nanti.

Pendaftaran SNMPTN dibuka mulai tanggal 21 Februari dan akan berakhir 6 Maret. Kuotanya sebanyak 40 persen dari 8.680 yang bakal diterima. Sementara SBMPTN dan SMMPTN masing-masing 30 persen.

Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Rani

7 Responses

  1. andi ayuMinggu, 25 Februari 2018 at 6:02 pmReply

    kk kalau pendidikan teknologi informasi dan komunikasi di pilihan pertama pilihan kedua kedokteran hewan bagaimana?

    • AchrulKamis, 1 Maret 2018 at 4:53 pmReply

      Kalau menurutku, pilihan keduamu tdk akan lulus, itu seperti 100% untuk pil. Pertama dan 50% untuk pil. kedua

  2. NadiaJumat, 2 Maret 2018 at 11:10 pmReply

    Kak ini yg dimaksud prodinya toh? Kalo univnya sendiri bagaimana? Bisakah pil 1 kt ambil unhas trus kedua kt pilih uho?

  3. AjhunkSelasa, 13 Maret 2018 at 2:51 pmReply

    Sebaiknya jangan dijadikam pilihan ke2 universitas halu oleo

  4. AjhunkSelasa, 13 Maret 2018 at 2:52 pmReply

    Ada diberita satunya kayaknya, rektor UHO berbagi tips lulus snmptn

    • IndahSelasa, 20 Maret 2018 at 8:34 pmReply

      kalo pilihan pertama teknik arsitektur, trus keduanya bioteknologi gimana kak?

  5. AjhunkJumat, 23 Maret 2018 at 10:16 pmReply

    cocokmi itu dek

Tinggalkan Balasan