oleh

148 Sekolah Ramaikan Festival Budaya Tua

-Buton, Cerita, Unik-56 views

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Pagelaran Festival Budaya Tua Buton yang akan dimulai bulan depan, telah dipersiapkan dengan matang. Hal tersebut dibuktikan dengan dilibatkannya 148 sekolah se-Kabupaten Buton, guna menyukseskan kegiatan tersebut.
Sekretaris Dinas Pendidikan Buton, Malihu, mengatakan, sebanyak 148 sekolah dari tingkat SD hingga SMA, akan dilibatkan menyukseskan kegiatan festival tahunan di Buton. Sekolah-sekolah tersebut mengirimkan 5.000 siswa-siswi untuk mengikuti tarian klosal pada puncak acara.
“Ini penari ini diambil dari 148 sekolah, dari SD-SMA, dan sekarang ini siswa-siswinya sudah mulai latihan persiapan,” katanya.
Malihu menjelaskan, 148 sekolah tersebut terbagi atas, 91 SD mengirimkan 1.500 siswa laki-laki untuk menari Potimbe, 20 SMP memgirim 750 siswa untuk menari Lawati, 13 SMP mengirim siswa sebanyak 750 menari Kaleko, dan 9 SMP 2 SD mengirim 100 siswa untuk menari Bosu. Kemudian terkhusus 13 SMA, mengirim 1.000 pasang siswa untuk menari Linda-Ngibi.
Kemudian, latihan menari klosal tersebut, tidak akan mengganggu proses belajar mengajar. Pasalnya, latihan dilakukan di luar jam belajar.
Malihu menghimbau kepada seluruh kepala sekolah agar selalu rutin melaksanakan pengawasan, dan bagi guru memberikan pembekalan kepada siswa, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Reporter: Safrin
Editor: Rani

Komentar

News Update